Tuesday, June 29, 2010

Gatal-gatal? apakah saya menderita dermatitis kontak?


Kita terkadang merasa tiba-tiba gatal pada tangan, leher atau bagian lainnya. Jangan panik! Coba cari tahu sumber penyebabnya dengan membaca artikel ini agar kita bisa mengobatinya dengan benar.

download

Dermatitis kontak secara umum dibagi menjadi 2 macam:



1. Dermatitis Kontak Iritan (Irritant Contact Dermatitis)

Sekitar 80-90% kasus Dermatitis Kontak Iritan (DKI) disebabkan oleh pemaparan iritan berupa bahan kimia dan pelarut. Inflamasi dapat terjadi setelah satu kali pemaparan ataupun setelah pemaparan yang berulang (Keefner, 2004). Dermatitis kontak iritan yang terjadi setelah pemaparan pertama kali disebut DKI akut, dan biasanya disebabkan oleh iritan yang kuat, seperi asam kuat (Tabel 1).

Sedangkan, dermatitis kontak iritan yang terjadi setelah pemaparan berulang disebut DKI kronis, dan biasanya disebabkan oleh iritan lemah (Hayakawa, 2000). Pada tempat kerja, dermatitis kontak iritan biasanya terjadi akibat dari suatu kecelakaan kerja atau karena kecerobohan sehingga tidak menggunakan pelindung (Ket dan Leok, 2002).



Pada bayi, dermatitis kontak iritan yang terjadi biasa dikenal sebagai diaper dermatitis (Anonim, 2008). Faktor yang berpegaruh pada diaper dermatitis ini adalah: kelembaban (akibat urinasi yang sering), perubahan pH kulit (akibat feses atau urin).


2. Dermatitis Kontak Alergi (Allergic Contact Dermatitis)


Banyak senyawa di dunia kita ini yang dapat berperan sebagai alergen pada individu tertentu. Urushiol (dari racun tanaman oak/ovy/sumac), garam nikel (pada perhiasan) dan parfum (pada kosmetik) merupakan contoh alergen yang mampu mengakibatkan ACD. ACD akibat senyawa uroshiol dari racun ivy/oak/sumac merupakan hal penting karena memberikan kontribusi yang besar dalam jenis dermatitis tersebut di Amerika Serikat. Racun ini berasal dari tanaman genus toxicodendron.






Selain itu, tanaman lain yang dapat menyebabkan ACD adalah kacang cashew (Anacardium occidentale L.), mangga (Magnifera indica L.), Lacquer (T. Vernicifluum) dan gingko bilobba (Ginkgo biloba L.)

Kejadian dermatitis kontak yang disebabkan oleh iritan maupun alergi memiliki hubungan dengan suatu pekerjaan, sehingga orang-orang yang memiliki bekerja di suatu aktivitas yang memiliki risiko tersebut harus mempersiapkan dirinya agar terhindar dari dermatitis kontak.

Pada dermatitis kontak iritan, iritan yang kuat seperti asam kuat atau basa kuat dapat mengakibatkan dermatitis kontak iritan akut, sedangkan iritan yang lemah seperti deterjen keras memerlukan waktu yang lebih lama untuk mengakibatkan dermatitis kontak iritan kronik. Dermatitis kontak alergik merupakan jenis dermatitis kontak terbesar kedua setelah dermatitis kontak iritan. Penanganan diaper dermatitis pada bayi memerlukan perhatian yang khusus sebab bayi memiliki daya tahan yang masih lemah.

Apoteker diharapkan mampu tidak hanya menentukan terapi farmakologi yang tepat, melainkan juga mampu memberi edukasi kepada pasien untuk menghindari dan mencegah terjadinya pemaparan yang dapat menyebabkan dermatitis kontak. Tahap pertama yang penting dilakukan untuk memberika terapi yang tepat adalah dengan beupaya menggali informasi mengenai kemungkinan penyebab dari timbulnya dermatitis kontak tersebut.

3 comments:

  1. bagus gung, lbh bagus lagi ada penatalaksanaannya

    ReplyDelete
  2. Klo liat dari Gambar'a sama kya yg ku alamin... nah penangulangan/pengobatan'a gimana? Obat yg mengandung apa yang bisa mengatasi itu???

    ReplyDelete